Tempat Berita Terbaru, Populer dan Unik

close
close
Nonton Movie Online Subtitle Indonesia
Minggu, 26 April 2015

Cara Walisongo Menyebarkan Agama Islam di Tanah Jawa

Masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia, khusunya tanah Jawa. tidak akan lepas dengan peranan para sembilan wali atau sering disebut dengan wali songo. Karena merekalah yang telah berjasa besar terhadap masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia.
Walisongo
Walisongo
Dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, tentunya para wali tidak serta merta melakukan dakwah secara langsung. melainkan mereka melakukan beberapa tindakan untuk menarik minat dari penduduk pribumi agar mau masuk dan memeluk agama Islam. Nah berikut ini ada beberapa cara yang digunakan wali songo untuk menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Cara Walisongo Menyebarkan Agama Islam di Tanah Jawa

1. Melalui kebudayaan
Indonesia merupakan negara yang memiliki beribu-ribu adat budaya. Terlebih untuk daerah di tanah Jawa sendiri. salah satu budaya yang populer pada saat jaman dahulu adalah kebudayaan wayang. Nah dari sinilah para wali songo menyebarkan agama Islam. Melalui pementasan wayang dari panggung ke panggung, para wali menyisipkan ajaran-ajaran Islam. Terutama dalam hal cerita atau ‘Lakon’ yang dibawakan saat pementasan wayang tersebut. walaupun saat abad ke – 14 wayang sangat identik dengan kebudayaan Hindu-Budha. Akan tetapi wali songo mampu membawakan nuansa Islam di dalam setiap pementasan kebudayaan khas Jawa ini.

2. Berdagang
Selain Indonesia terkenal dengan budayanya. Jaman dahulu Indonesia terkenal sebagai negara terkaya di Asia. Hal ini terjadi karena Indonesia secara geografis berada di jalur perdagangan internasional. sehingga menguntungkan Indonesia dalam hal perdagangan internasional. terlebih untuk perdagangan bagian pesisir pantai.

Dari jalur perdagangan inilah para wali songo menyebarkan ajaran agama Islam di tanah Jawa. caranya adalah dengan menjalin hubungan baik dengan masyarakat pribumi, tentunya berdagang sambil berdakwah. Tak ayal berkambangnya agama Islam dimulai dari pesisir pantai.

3. Perkawinan dengan masyarakat pribumi
Cara selanjutnya yang dilakukan oleh para wali songo untuk menyebarkan agama Islam adalah dengan melakukan perkawinan terhadap masyarakat pribumi. Perkawinan ini bertujuan untuk memperkuat jalinan silahturahmi antara para wali dengan masyarakat pribumi. Tentuya setiap istri yang berhasil dipersunting atau dinikahi para wali akan mengikuti apa yang menjadi kepercayaan dari suaminya tersebut. dimana kepercayaan tersebut adalah memeluk agama Islam.

4. Dakwah secara langsung
Setelah melakukan beberapa cara diatas. Para wali songo lantas melakukan dakwah secara terang-terangan. Hal ini dilakukan setelah masyarakat secara mayoritas mengenal ajaran agama Islam. Dakwah dilakukan melalui berbagai macam cara. mulai dari khutbah jum’ah, pengajian, sholawat lain sebagainya. Tentunya wali songo juga menyisipkan beberapa cerita-cerita mengenai ajaran agama Islam, cerita ini dilakukan agar menarik minat para pendengar. Terlebih untuk orang Jawa yang memang menyukai sebuah cerita.

Itulah beberapa cara yang ditempuh wali songo untuk menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.




Klik untuk melihat kode: :) =( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @@, :-a :W *fck* x@

TOP