Tempat Berita Terbaru, Populer dan Unik

close
close
Nonton Movie Online Subtitle Indonesia
Sabtu, 18 April 2015

Kewajiban Anak kepada Orang Tua dalam Pandangan Islam

Sebagai seorang manusia sudah pasti kita hidup memiliki hak dan kewajiban. Sebagaimana untuk seorang anak. Anak merupakan anugrah yang diberikan kepada orang tua dari Allah SWT.
Kewajiban Anak kepada Orang Tua dalam Pandangan Islam
Kewajiban Anak kepada Orang Tua dalam Pandangan Islam
Anak pada dasarnya harus selalu dijaga dengan baik oleh para orang tua. Karena pada dasarnya anak adalah titipan Allah SWT. Akan tetapi anakpun juga memiliki kewajiban yang harus dilakukan kepada orang tuanya. Apa saja kewajiban anak menurut pandangan Islam itu? untuk mengetahuinya silahkan simak  ulasan berikut ini.

Kewajiban anak kepada orang tua dalam pandangan islam

1. Memberikan makan jika dibutuhkan
Orang tua sebenarnya tidak mengharapkan apapun terhadap anak yang mereka besarkan. Sebaliknya kita sebagai anak harus bisa mengerti keadaan orang tua kita. terlebih jika orang tua kita berada jauh dari kehidupan kita. terkadang orang tua untuk mencari sesuap nasi itu sangatlah sulit sekali. Nah disinilah kewajiban kita sebagai anak kepada orang tua berlaku. Kita harus bisa memberikan makan kepada orang tua jikalau orang tua sudah tidak mampu mencari makan atau nafkah sendiri. Allah akan sangat menyukai kaum muslimin yang dapat memberikan makan atau nafkah kepada orang tua. Walau terkadang orang tua menolak untuk dikasihi.

2. Memberikan pelayanan yang terbaik
Saat orang tua kita sudah tua renta. Pastilah dia akan kembali ke sifat kekanak-kanakan. Maksudnya mereka mengalami berbagai macam gangguan untuk menjalani kehidupan sehari-sehari seperti ketika mereka masih muda. Dengan adanya masalah ini, kita sebagai anak harus bisa memberikan palayanan terbaik kepada orang tua. Seperti merawatnya, memandikan, menuntun jika tidak bisa berjalan, mengajaknya rekreasi dan lain sebagainya. Usahakan orang tua selalu nyaman seperti ketika dia memberikan pelayanan kepada kita saat bayi.

3. Menyambut panggilan dan menaati perintah
Banyak sekali diantara kita yang sudah disibukan dengan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari. Kita menjadi lupa akan orang tua. Padahal hal tersebut sangatlah tidak diridhoi oleh Allah SWT. Adakalanya kita sebagai anak harus bisa mematuhi segala perintahnya, walaupun itu hanya sebatas menyambut panggilannya saja. memang kawajiban ini sangat terlihat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi jika Anda sebagai anak bisa ikhlas menaati segala perintah orang tua. Maka Allah akan meridhoi kehidupan Anda. bukannya ‘Ridho Allah Ridho Orang Tua” juga?

4. Mendo’akan orang tua

Kewajiban anak yang terakhir menurut Islam adalah mendo’akan orang tua. Bagi siapa saja yang mau mendo’akan orang tuanya sendiri, maka Allah akan membalas itu dengan beribu-ribu kebaikan. Bahkan para malaikat yang ada di langit juga ikut mendo’akan kebaikan kepada anak tersebut. tentunya hal ini berlaku untuk do’a dalam hal kebaikan. Karena jika do’a dalam hal keburukan kepada orang tua sendiri, Allah SWT akan memberikan laknat dan malapetaka kepada anak tersebut.




Klik untuk melihat kode: :) =( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @@, :-a :W *fck* x@

TOP