Tempat Berita Terbaru, Populer dan Unik

close
close
Nonton Movie Online Subtitle Indonesia
Senin, 13 April 2015

Masjid-Masjid yang Bersejarah dalam Perkembangan Islam

Mekkah dan Madinah merupakan kota suci yang sekarang ini secara territori berada di wilayah Arab Saudi. Sebagai sebuah kota suci muncul dan berseminya agama Islam sekaligus tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW, sudah pasti terdapat banyak sekali bangunan bersejarah di wilayah Jazirah Arab ini.

Dari banyaknya tempat-tempat bersejarah di Arab Saudi, khususnya masjid. terdapat beberapa masjid yang memang memiliki sejarah besar dalam perkembangan agama Islam. Masjid mana sajakah itu? untuk mengetahuinya simak ulasan berikut ini.

Masjid-Masjid di Dunia yang Bersejarah dalam Perkembangan Islam

1. Masjidil Haram, Makkah
Masjidil Haram
Masjidil Haram
Masjid Al-Haram atau sering disebut dengan Masjidil Haram merupakan sebuah tempat ibadah yang di bangun mengelilingi atau memutari Ka’bah. Ka’bah di Masjidil Haram menjadi arah kiblat bagi umat Islam di seluruh dunia ketika beribadah sholat. Selain itu masjid bersejarah ini juga digunakan sebagai tempat melaksanakan rukun ibadah haji umat Islam yakni thawaf (mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali).

2. Masjid Nabawi, Madinah
Masjid Nabawi
Masjid Nabawi merupakan tempat yang sangat bersejarah dalam perkembangan agama Islam. Karena masjid inilah yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW dan digunakan sebagai makam Nabi berserta para sahabatnya. Selain itu Masjid Nabawi juga menjadi masjid utama di Arab Saudi setelah Masjidil Haram di Makkah dan Masjidil Aqsa di Yarusalem. Masjid ini juga merupakan masjid terbesar di dunia ke – 2 setelah Masjidil Haram.

3. Masjid Al-Aqsha, Palestina
Masjid Al-Aqsha
Masjid Al-Aqsha
Masjid bersejarah bagi perkembangan agama Islam selanjutnya adalah Masjid Al-Aqsha atau sering disebut Masjidil Aqsa. Masjid ini terletak di Palestina, tepatnya di daerah Yerusalem bangian timur. Masjid ini memiliki sejarah yang sangat banyak terhadap perkembangan agama Islam. Salah satu catatan sejarah Islam adalah Nabi Muhammad pernah diangkat ke Sidratul Muntaha dari Masjidil Aqsa ini dalam peristiwa Isra’ Mi’raj.

4. Masjid Qiblatain, Madinah
Masjid Qiblatain
Masjid Qiblatain
Masjid Qiblatain adalah salah satu masjid yang terkenal di Madinah. Dahulu masjid ini diberi nama dengan Masjid Bani Salamah, karena memang letaknya di atas tanah milik Bani Salamah. Lokasi dari masjid ini sendiri berada di dekat jalan menuju Universitas Madinah. Masjid ini memiliki sejarah perkembangan Islam yang sangat besar. salah satu yang terkenal adalah diturunkannya wahyu kepada Nabi Muhammad SAW untuk memindah arah kiblat yang sebelumnya mengarah ke Masjidil Aqsa (Yerusalem) ke arah Masjidil Haram (Makkah). Wahyu tersebut turun ketika Nabi Muhammad SAW sedang melakukan sholat dengan arah kiblat menuju Masjidil Aqsa. Kita bisa melihat wahyu tersebut di dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah : 144.

Itulah beberapa masjid-masjid bersejarah dalam perkembangan agama Islam. Masjid-masjid tersebut sekarang masih berdiri sangat kokoh dan bahkan di dalamnya terdapat beberapa ruangan yang secara khusus digunakan sebagai tempat penyimpanan barang bersejarah dalam perkembangan agama Islam.




Klik untuk melihat kode: :) =( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @@, :-a :W *fck* x@

TOP